Ayam Bekisar

ayam Bekisar

daftarfaunaindonesia.web.id – Ayam yang satu ini adalah hasil perkawinan antara ayam hutan hijau jantang ( Gallus varius ) dan ayam kampung buras betina ( Gallus gallus dimesticus ). Ayam ini memiliki suara kokokan yang nyaring.

Ayam merupakan salah satu hewan yang paling digemari karena dagingnya merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang cukup baik. Tidak hanya sebagai hewan konsumsi, ayam juga diminati sebagai hewan peliharaan. Salah satunya, ayam bekisar.

Baca juga : Burung Kepodang Emas

Ayam ini diminati penggemarnya

Karena suara kokoknya yang memikat dan keindahan bulunya. Umumnya yang dipelihara sebagai ayam hias adalah bekisar jantan. Hal ini dikarenakan bekisar betina dinilai tidak pandai tarik suara dan warna bulunya tidak menarik.

Pada mulanya bekisar hanya dapat dijumpai di Kangean

Sebuah pulau kecil di sebelah Timur Pulau Madura, termasuk wilayah Kabupaten Sumenep, kemudian hewan ini menyebar ke Pulau Madura dan persebarannya meluas ke berbagai daerah di Tanah Air. Oleh karenanya, hingga kini bekisar ditetapkan menjadi fauna identitas atau maskot dari kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Baca juga : Macan Tutul Jawa Khas Jawa Barat

Sehubungan dengan itu, untuk menarik minat para turis dan menggalakkan pariwisata di daerah Jawa Timur, telah diambil kebijaksanaan yang mengharuskan adanya minimal sebuah sangkar berisi ayam bekisar di depan setiap kantor instansi pemerintah (Sudiro, 1993).

Berdasarkan tipenya ayam berkisar terdiri dari 3 macam

Yaitu Gallus aenus (berjengger dengan gerigi 8 kecil), Gallus temmiinckii (jengger bergerigi 6), dan Gallus violaceus (jengger bergerigi bagus). Ciri-ciri khusus dari ayam bekisar yang paling menonjol adalah bentuk bulu leher yang ujungnya bulat/lonjong bukan lancip (Fumihito et al, 1994).

Ayam bekisar memiliki suara kokok melengking dan sangat keras

Bahkan suara kokoknya dapat terdengar sejauh 1 mil. Ayam bekisar biasanya memiliki suara kokok berirama, lurus, dan panjang. Kokoknya terdiri atas dua bagian, yaitu kokok depan dan 8 belakang. Suara depan memiliki nada rendah, besar, tebal, panjang, dan bersih, sedangkan kokok belakang memiliki nada tinggi, tebal, panjang, lurus, dan bersih. Kelemahan ayam bekisar adalah mudah mengalami stres dan mati, sehingga menyebabkan populasinya terus berkurang (Sarwono, 1995).

Related posts