Beberapa Fakta Mengenai Dugong

Beberapa Fakta Mengenai Dugong

Daftarfaunaindonesia.web.id – Kali ini kita akan membahas hewan yang cukup unik yang sering disebut sebut sebagai duyung, hewan satu ini biasa disebut dugong.

Berikut beberapa fakta unik mengenai dugong yang harus kalian ketahui.

Dugong Nggak makan Daging

Dugong termasuk dalam golongan hewan mamalia, lho. Soalnya, hewan laut ini berkembang biak degan cara melahiran. Dugong pun menyusui anak-anaknya. Selain itu, dugong juga termasuk dalam golongan hewan herbivora alias pemakan tumbuhan.

Makanan favorit hewan bernama Latin Dugong dugon ini dalah seagrass atau lamun. Ini adalah sejenis tumbuhan berbunga mirip rumput yang bertahan hidup di dalam air laut. Biasanya sih, mamalia ini akan memilih seagrass yang punya kadar garam tinggi dan nggak terlalu mengandung air segar.

Dugong Bekurang

Menurut WWF Indonesia, dugong sangat lamban ketika berkembang biak. Dalam kurun waktu 2,5-5 tahun, hewan ini hanya bisa menghaslkan 1 keturunan. Itu pun harus berada di dalam kandungan selama 14 bulan. Setelah lahir pun, dugong membutuhkan waktu 10 tahun untuk menjadi dewasa.

Dugong juga bergerak dengan lamabat. Ini yang memudahkan hewan predator mudah untuk memangsanya. Apalagi dugong muda yang lebih mudah dijadikan mangsa. Itu yang membuat mamalia ini menjadi langka.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Dugong Dilindungi

Selain proses reproduksinya yang lambat, dugong juga sering menjadi incaran para pemburu liar. Soalnya, daging, air mata, minyak dan taring hewan ini bernilai ekonomi tinggi. Minyak dugong bisa digunakan sebagai obat TBC. Sedangkan tarinya digunakan sebagai pipa rokok.

Perburuan liar hewan laut ini membuat pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan. Ada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya hayati dan ekosistemnya serta Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan. Kabarnya sih, jumlah dugong di Indonesia hanya tinggal 1000 ekor.

Dugong Setia Banget

Dia-diam dugong adalah hewan yang setia. Mamalia air ini hanya kawin dengan pasangannya satu kali alias monogami. Bahkan, dugong bisa hidup bersama pasangannya hingga usia 70 tahun, lho. Katanya sih, dugong bakal sedih banget ketika ditinggal pasangannya.

Related posts