Beberapa Fakta Unik Hewan Musang

Beberapa Fakta Unik Hewan Musang

Daftarfaunaindonesia.web.id – Musang adalah mamalia pemangsa dari suku Viverridae. Di Indonesia, musang sangat mudah ditemui di permukiman dan bahkan perkotaan. Ia adalah pemanjat yang ulung, suka hidup di antara pepohonan, berjalan di atap rumah, tapi juga sesekali turun ke tanah. Bagi sebagian orang, musang dianggap sebagai hama karena suka mencuri ayam dan buah-buahan di kebun milik warga.

Namun, kini banyak juga orang-orang yang memelihara musang. Tak tanggung-tangggung, bahkan sudah banyak komunitas pecinta musang yang eksis di berbagai daerah. Bagi para penggemar hewan berkaki empat ini, musang dianggap sebagai hewan yang imut, pintar, dan bisa dijadikan teman.

Sebelum kamu memelihara musang lebih jauh, kamu harus tahu fakta fakta tentang musang. Yuk, simak lebih jauh ulasan di bawah ini.

1. Suka sekali digendong di pundak

Jangan heran, musang sangat suka sekali berada di pundak manusia. Sebuas apapun musang, ia akan merasa lebih baik ketika berada di pundak manusia. Sifat dasarnya yang arboreal atau hidup di antara pepohonan akan menganggap pundakmu sebagai pohon besar. Geli-geli gimana gitu, ya.

2. Bisa membaca pikiran manusia

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar hewan peliharaan memang bisa membaca perasaan majikannya seperti kuda, kucing, dan anjing. Keunikan musang adalah ia mampu mengetahui perasaan manusia di sekelilingnya hanya lewat tatapan mata secara sekilas.

Ketika kamu merasa takut berada di dekat musang, ia akan menunjukkan dominasinya melalui desisannya. Oleh karena itu, kamu tak perlu takut dekat dengan musang. Justru kamu harus menunjukkan kasih sayangmu dengan mengelus-elus tubuhnya agar dia juga balik menyayangimu.

3. Super manja dan setia dengan pemiliknya

Awalnya, hewan eksotik ini memang sulit dijinakkan. Kabar baiknya, kalau kamu berhasil menjinakkan musang. Ia akan menjadi hewan yang manja dan setia. Sifat musang tidak berbeda jauh dengan kucing yang suka dibelai. Ia juga bisa bertingkah lucu ketika dirawat dan diakrabi dengan baik.

Bila bonding musang dengan pemiliknya kuat, ia akan mengikuti kemanapun pemiliknya pergi. Meski sekadar sedang mencuci piring, ia akan bergelayut dengan manja di tubuhmu, lho. Pelihara musang tidak akan membuatmu merasa kesepian deh.

Baca Juga : Beberapa Fakta Tentang Burung Merpati

4. Sangat aktif di malam hari

Musang memang hewan nokturnal. Makanya agak sulit menemukan musang liar yang berkeliaran di siang hari. Sebab di alam yang terang, ia merasa tidak bisa bergerak dengan bebas.

Di siang hari, ia lebih suka tidur dan aktif mencari makan pada malam hari. Terutama pada jam 6 sore hingga 4 pagi. Namun pengecualian bagi musang yang telah didomestikasi, pola hidupnya akan berubah. Ia akan menyesuaikan diri dengan jam biologis manusia.

5. Bisa dilatih

Ribuan tahun lalu, musang dijinakkan untuk membantu berbagai keperluan manusia seperti berburu. Bahkan kemampuan musang berjalan di tempat-tempat sempit membuatnya dipercaya untuk membantu manusia menarik kabel bawah tanah. Kecerdikan musang juga dimanfaatkan untuk membantu berbagai keperluan di kilang-kilang minyak, kru kamera, perusahaan telepon, bahkan di bidang militer.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang pelihara musang di rumah pun bisa melatih musang untuk buang air sendiri ke toilet, lho. Nggak bikin ribet pokoknya!

6. Suka menggigit jari dan tangan manusia

Musang memang gemar menggigit tangan dan jari manusia. Beberapa kasus memang sampai bolong dan berdarah beneran. Namun tak usah khawatir, ketika sudah bonding dengan pemiliknya ia tak lagi menggigit, malah hanya pura-pura menggigit dan bercanda. Tak apa kan kalau hanya bekas gigi sedikit-sedikit?

7. Musang bisa memakan segala

Satu lagi keunikan musang, meski diletakkan dalam ordo karnivora atau pemakan daging, sebenarnya musang adalah hewan omnivora. Hewan imut ini sangat suka buah-buahan seperti kopi, rambutan, pisang dan mangga, biji-bijian, serangga dan hewan vertebrata kecil. Sungguh low budget, kan?

Related posts