Beruk Mentawai

Beruk Mentawai

daftarfaunaindonesia.web.id – Beruk Mentawai, atau Macaca pangensis adalah salah satu jenis monyet endemik Kepulauan Mentawai, Sumatera. Hewan yang sering disebut bokoi oleh masyarakat setempat ini semakin terancam populasinya.

Saat ini Beruk Mentawai di kategorikan sebagai satwa yang berstatus Critically Endangered oleh IUCN Redlist pada tingkatan terakhir sebelum punah.

Diskripsi Fisik dan Perilaku.

Beruk mentawai (bokoi) mempunyai panjang tubuh antara 45-55 (jantan) dan 40-45 (betina) dengan panjang ekor mencapai antara 10-16 cm. Berat Macaca pagensis antara 6-9 kg untuk jantan dan hanya 4,5-6 kg untuk beruk betina.

Lihat juga : Tapir

Habitat, Populasi dan Persebaran. Beruk mentawai dapat dijumpai diberbagai habitat hutan bakau, pesisir, hutan primer, hutan sekunder hingga hutan di dekat pemukiman. Persebarannya terbatas di pulau Pagai Selatan, pulau Pagai Utara, dan pulau Sipora di Kepulauan Mentawai, Sumatera.

Habitatnya yang hanya tersebar di 3 pulau di kepulauan Mentawai (Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan), perburuan, serta deforestasi hutan dan pertambahan penduduk di pulau-pulau tersebut membuat populasi monyet asli mentawai ini semakin terdesak dan terancam kepunahan. Populasinya hanya tersisa sekitar 2.100-3.700 ekor (Paciulli 2004). Padahal pada tahun 1980-an populasinya masih tercatat sebanyak 15.000 ekor (Whittaker 2006).

Related posts