Cecurut

Cecurut

daftarfaunaindonesia.web.id – Cecurut, merupakan hewan pemakan serangga yang berukuran kecil dan mempunyai bentuk tubuh seperti tikus atau mencit.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia sendiri binatang ini diartikan sebagai tikus kecil yang berbau tidak sedap, hidup di tanah, pemakan serangga, bermoncong panjang, berbulu cokelat keabu-abuan, matanya kecil dan sipit; tikus kesturi; Suncus murinus linnacus.

Pada kenyataannya, celurut sangat jauh kekerabatannya dari tikus, bahkan berbeda ordo; celurut termasuk ordo Soricomorpha, sedangkan tikus termasuk ordo Rodentia (hewan pengerat).

Celurut kerap disebut juga sebagai tikus busuk lantaran apabila merasa terganggu celurut akan mengeluarkan semacam bau busuk dari kelenjar di tengah tubuhnya. Dalam bahasa Inggris celurut dikenal sebagai house shrew, Asian house shrew, atau brown musk shrew.

Lihat juga : Binturung

Celurut rumah hidup di hampir seluruh penjuru dunia. Mulai dari Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Celurut rumah (Suncus murinus)sering terlihat di sekitar dapur atau tempat sampah, memakan remah-remah makanan yang tercecer atau memburu serangga semacam kecoak dan sebangsanya.

Celurut menggunakan sudut-sudut gudang yang diabaikan atau sela-sela tumpukan barang yang jarang dibongkar sebagai tempatnya bersarang. Hewan ini rata-rata beranak dua kali setahun tanpa memandang waktu, setiap kalinya melahirkan hingga 5 ekor anak (rata-rata 3 ekor).

Yang unik ketika berpindah sarang, anak-anak celurut biasa berbaris berleret mengikuti induknya. Anak celurut yang belakang menggigit (berpegang) pada tunggir celurut di mukanya, demikian seterusnya hingga induknya yang paling muka.

Binatang mirip tikus ini memang tidak termasuk satwa yang dilindungi dari kepunahan. Populasinya masih cukup banyak dan dalam status konservasi IUCN redlist dikategorikan Least Concern (Beresiko Rendah).

Related posts