Fakta Tentang Hewan Kijang

Fakta Tentang Hewan Kijang

Daftarfaunaindonesia.web.id – Hewan kijang merupakan salah satu hewan yang hidup di daratan, mengingat saya sendiri belum pernah melihat hewan ini hidup di daerah manapun yang tersentuh perairan. Selain itu, hewan kijang juga merupakan salah satu hewan yang diidam-idamkan banyak orang, sayangnya, belum banyak yang mengetahui beberapa fakta seputar hewan kijang. beberapa di antaranya saya paparkan dalam artikel ini sebagai berikut:

1. Hewan Kijang Adalah Bagian Dari Rusa
Ada kontroversi mengenai apakah kijang sama dengan rusa, dan sebaliknya apakah rusa berbeda dengan kijang. Ini semua karena tampilan dan habitat mereka yang sama, ditambah lagi sekarang ini mulai banyak variasi jenis rusa dan turunannya. Namun, setelah saya lihat kesana kemari, saya menemukan ternyata kijang adalah bagian dari turunan rusa. Rusa adalah variasi lebih kecil dari kijang, sementara kijang adalah yang lebih besar atau lebih dewasa.

2. Tanduk Kijang Umumnya Panjang
Setelah saya lihat-lihat lagi, kijang umumnya memiliki tanduk yang panjang. Selain itu, tanduk hewan kijang pada umumnya berbentuk seperti cabang pohon yang menempel di kuping. Kendati demikian, hal ini bersifat relatif, dan tergantung jenis kelamin, usia, maupun pembagian daerah masing-masing hewan kijang. Misalnya saja, ada kijang yang tanduk atau telinganya saja yang panjang, ada juga yang tidak memiliki tanduk tapi punya telinga panjang, dan sebagainya.

3. Tidur Hewan Kijang Hanya Sebentar
Sebagaimana makhluk hidup lainnya, kijang sebagai hewan juga membutuhkan tidur untuk merelaksasikan sel-sel dalam tubuhnya. Kendati demikian, jam biologis kijang berbeda dengan hewan-hewan lainnya. Tidak tanggung-tanggung, 3 jam merupakan tidur yang normal bagi kijang! Wow… Padahal, kalau kita tidur 6 jam saja, rasanya mata sudah mulai berat. Ini berarti hewan kijang mungkin lebih luar biasa dibandingkan apa yang selama ini kita pikirkan.

Baca Juga : Beberapa Fakta Menarik Ikan Cupang

4. Memiliki Kekuatan Dan Kegesitan
Selama ini, mungkin kita hanya mengetahui tentang kegesitan gerak hewan kijang. Kalau saya pikir-pikir lagi, kemungkinan ini disebabkan oleh cerita dongeng yang melibatkan hewan kijang dengan kecepatan larinya yang tinggi dan kaki serta lehernya yang menjulang saat berlari. Namun ternyata, kijang juga memiliki kaki yang tahan lama dan kuat. Tidak hanya kuat berlari, namun juga kuat menendang atau menyepak ketika ia sedang marah atau dalam bahaya.

5. Tahan Di Iklim Dingin Maupun Panas
Hewan kijang memang luar biasa, tidak hanya fisiknya yang kuat dalam menghadapi ancaman bahaya luar, namun juga ketahanan tubuhnya yang mengagumkan dalam iklim dingin maupun panas sekalipun. Selama ini, dari berbagai cerita di berbagai media (film, video, dan lain-lain), mungkin kita hanya tahu kalau hewan kijang itu hanya bisa tahan di iklim dingin atau bersalju. Siapa sangka, kalau hewan dengan mata yang cantik ini dapat tahan di iklim panas atau gersang juga?

Related posts