Hewan Purba yang Hidup Sebelum Dinosaurus

Hewan Purba yang Hidup Sebelum Dinosaurus

Hewan Purba yang Hidup Sebelum Dinosaurus – Luasnya dunia ini sangat tidak memungkinkan jika kita mengetahui jenis hewan yang ada di bumi. Ada begitu banyak jenis hewan yang belum di lakukan penelitian. Jika membicarakan hewan purba, pikiranmu pasti langsung tertuju pada dinosaurus. Ya, mereka memang hidup sejak sekitar 250-66 juta tahun yang lalu. Mereka menguasai bumi hampir 200 juta tahun lamanya sebelum akhirnya punah.

Namun, siapa sangka jika hewan-hewan berikut ini berusia lebih tua dari dinosaurus? Beberapa dari mereka bahkan masih hidup hingga sekarang, lho! Penasaran?

1. Horseshoe Crab (Belangkas)
Horseshoe crab atau belangkas adalah hewan yang masuk ke dalam krustasea. Tubuh belangkas terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian kepala, bagian tengah, dan bagian ekor. Uniknya, organ jantung hewan ini terletak dibagian kepala dan jumlah mata hewan ini ada sepuluh.

Darah belangkas berwarna biru, hal ini dikarenakan darah hewan ini mengandung tembaga. Darah belangkas banyak digunakan oleh dunia kesehatan, yaitu untuk mengetahui apakah terdapat bakteri dari suatu bahan yang diuji.

Fakta lain mengatakan bahwa usia belangkas lebih tua dibandingkan dengan dinosaurus. Belangkas sudah ada sejak 450 juta tahun yang lalu dan mereka tinggal di pantai Atlantik, Amerika Utara.

2. Nautilus
Nautilus merupakan hewan Cephalopoda dan masuk ke dalam keluarga gurita, cumi-cumi, dan sotong. Habitat hewan ini adalah di dasar laut, tepatnya berada pada kedalaman 250-600 meter di bawah permukaan laut pada siang hari, dan pada saat malam hari Nautilus berada di 100-150 meter di bawah permukaan laut.

Nautilus terancam punah, penyebabnya adalah perdagangan cangkang Nautilus yang digunakan sebagai perhiasan dan juga dekorasi rumah. Nautilus sudah ada di bumi ini jauh sebelum dinosaurus ada, yaitu sejak 500 juta tahun yang lalu. Nautilus bahkan mendapat julukan sebagai fosil hidup, hal tersebut dikarenakan nautilus masih hidup sampai saat ini.

Baca Juga : Mengungkap Misteri Dunia Fauna

3. Hagfish
Hagfish adalah hewan yang masuk dalam kelas Agnatha. Hagfish juga sering disebut belut lendir dan habitatnya adalah di dasar laut. Dikenal dengan sebutan belut lendir karena hewan ini dapat menghasilkan banyak lendir lengket yang berfungsi sebagai sistem pertahanan mereka dari predator.

Hagfish adalah satu-satunya hewan yang memiliki tengkorak tetapi tidak memiliki tulang belakang. Fosil tertua Hagfish yang pernah ditemukan adalah berusia 330 juta tahun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa usia Hagfish lebih tua jika dibandingkan dengan Dinosaurus.

4. Trilobita
Trilobita sudah ada sejak 521 juta tahun yang lalu. Trilobita masuk ke dalam filum Artropoda, yaitu merupakan hewan berbuku-buku atau hewan beruas. Faktanya hewan ini sudah punah sejak 252 juta tahun yang lalu, yaitu masa di mana Dinosaurus belum muncul. Banyak teori yang muncul terkait mengapa hewan ini punah, mulai dari pemanasan global, ledakan metana bawah laut, dan munculnya predator.

Related posts