Hiu Karpet Berbintik

Hiu Karpet

Hiu karpet berbintik merupakan salah satu hewan endemik indonesia. ikan ini memiliki nama ilmiah “hemiscyllium freycineti”. hiu karpet ini merupakan salah satu hewan khas indonesia dan termasuk dalam hewan bertulang belakang. ikan hiu ini bisa di temukan di sekitar perairan papua, tepatnya di area kepulauan raja ampat.

mengenal ciri-ciri hiu karpet berbintik

hiu karpet berbintik mempunyai warna kulit yang polanya seperti macan tutul. pola itu benbentuk heksagonal, warnanya coklat berbintik. pola ini menyebar rata di semua permukaan hiu karpet berbintik sisi atas. sisi moncong hiu karpet berbintik ada bintik-bintik kecil serta berwarna gelap menutupi moncongnya.

hiu karpet berbintik memiliki bentuk serupa dengan hiu yang lain. bagian tubuhnya terbagi dalam ekor, dua sirip samping, dua sirip di bagian pungggung, dua mata yang terdapat kepala sisi atas, dan pasti moncong mulut. hiu type ini mempunyai badan panjang. sisi monconnya relatif pendek jika dibanding dengan hiu yang lain. mulut hewan bertulang punggung ini ada di depan mata. hewan ini dapat mempunyai spirakel yang terdapat dibawah mata. sirip yang dipunyai hiu karpet berbintik berupa tidak tipis serta berupa segitiga dengan tumpul di bagian ujung.

Baca Juga :

Anoa
Kucing Merah Kalimantan

ukuran panjang optimal hiu karpet berbintik yaitu 46 cm baik untuk kelamin jantan ataupun betina hiu karpet berbintik umumnya berenang dalam kedalaman 0-12m dibawah permukaan laut. makanna hiu karpet berbintik yaitu hewan kecil type invertebrata.

ikan hiu karpet berbintik hampir punah

hiu karpet berbintik ini merupakan salah satu hewan yang hampir punah, dan dilindungi. hal ini disebabkan oleh banyaknya habitat/terumbu karang rusak. yang mana kerusakan tersebut terjadi dikarenakan terdapat aktifitas manusia yang mencari ikan dengan bahan peledak/dinamit. selain itu, ikan ini juga banyak di buru karena keindahan warna kulitnya untuk dijadikan ikan hias di akuarium. terlebih tingginya permintaan pasar akan ikan hiu karpet berbintik ini menjadikan penangkapan ikan hiu ini secara besar-besaran. hal tersebut sangat nampak sekali akibatnya terhadap populasi hiu karpet berbintik.

Related posts