Jenis Ayam Terbaik di Dunia

Jenis-Ayam-Terbaik-di-Dunia

daftarfaunaindonesia –  Berikut merupakan ulasan mengenai Jenis Ayam Terbaik di Dunia. Ayam merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Berbagai jenis ayam tersebar di berbagai daerah, ada yang memelihara untuk diadu, namun tak jarang juga dijadikan sebagai hewan ternak. Bahkan ada juga ayam hias yang harganya mencapai puluhan juta rupiah.

Secara umum, ayam banyak dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti diambil daging dan telurnya untuk dikonsumsi. Akan tetapi, tidak semua jenis ayam bisa dijadikan bahan dasar pembuatan makanan. Ada beberapa jenis ayam hias atau aduan yang khusus hanya untuk dijadikan peliharaan.

Salah satu jenis ayam yang paling banyak dicari untuk dijadikan aduan ialah ayam bangkok. Hewan yang berasal dari Thailand ini sangat digemari oleh para pecintanya. Meskipun ayam bangkok merupakan ayam impor, namun di Indonesia sendiri jenis ayam ini telah berkembang sejak zaman dahulu.

Di samping itu, masih banyak jenis ayam terbaik yang cocok untuk dipelihara di rumah. Lantas apa saja jenis ayam terbaik yang ada di dunia? Simak ulasannya mengenai berbagai jenis ayam berikut ini.

Ayam Kapas

Jenis ayam terbaik di dunia yang pertama ialah ayam kapas. Ayam yang berasal dari daratan China ini memiliki keindahan pada bulunya yang unik dan mirip seperti kapas. Ayam kapas tidak hanya memiliki warna putih, namun sebagian juga ada yang berwarna cokelat muda atau hitam.

Di samping itu, ayam kapas termasuk ayam petelur yang produktif. Bahkan dalam setahun ayam kapas betina dapat menghasilkan telur lebih dari 200 butir. Tak heran, banyak orang tertarik untuk memelihara jenis ayam ini.

Ayam Birma

Ayam birma merupakan jenis ayam jantan aduan yang memiliki pukulan dan gerakan paling cepat dibandingkan dengan ras ayam aduan lainnya. Meski memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dari ayam bangkok, namun kemampuan ayam birma mampu mengungguli ayam bangkok. Tak heran, jenis ayam ini kerap mengikuti di berbagai kontes maupun di area gelanggang.
Ayam Onagadori

Salah satu jenis ayam terbaik di dunia berikutnya ialah ayam Onagadori. Ayam unik yang berasal dari Jepang ini digolongkan sebagai ayam hias karena memiliki ekor yang sangat panjang hingga bisa mencapai 20 meter. Dalam bahasa Jepang, Onagadori dapat diartikan sebagai unggas dengan ekor panjang.

Meskipun masih terdengar asing, akan tetapi ayam yang memiliki ekor panjang ini cukup banyak dipelihara oleh penggemarnya di Indonesia. Cara merawat jenis ayam ini cukup mudah, yaitu rutin menjaga kebersihan kandangnya. Hal ini agar ekor ayam yang menyentuh tanah tidak kotor dan merusak keindahannya.

Ayam Saigon

Salah satu jenis ayam aduan yang kini banyak dipelihara oleh kalangan penggemarnya ialah ayam saigon. Ayam yang berasal dari Vietnam ini menjadi salah satu jenis ayam yang banyak dipelihara di Indonesia. Jika dilihat dari gaya bertarungnya, ayam saigon memang tidak terlalu aktif, namun ayam ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat bagus.

Di samping itu, ayam saigon juga dikenal sebagai ayam yang tahan banting. Kekuatan daya tubuhnya mampu membuat setiap lawan sering kali lari karena kelelahan. Tak heran, jenis ayam ini kini paling banyak dicari oleh para penggemarnya.

Baca Juga : Jenis Burung Pelatuk Dan Keunikannya Masing-Masing

Ayam Cemani

Selain ayam aduan, banyak jenis ayam hias terbaik di dunia yang berasal dari Indonesia, salah satunya ayam cemani. Jenis ayam yang berasal dari Kedu, Jawa Tengah ini mampu menarik para penggemar ayam dari luar negeri. Banyak sekali peternak asal Amerika Serikat (AS) yang memesan jenis ayam ini.

Keistimewaan dan keunikan ayam cemani terletak di tubuhnya yang berwarna hitam pekat. Hampir seluruh bagian tubuhnya memiliki warna hitam, baik organ tubuh, kuku, bahkan dagingnya. Tak heran, jika jenis ayam ini memiliki harga yang cukup mahal yaitu bisa mencapai lebih dari Rp40 juta setiap ekornya.

Ayam Ketawa

Ayam ketawa merupakan salah satu jenis ayam yang cukup populer di Indonesia. Ayam jenis ini memiliki suara kokok yang mirip seperti orang yang sedang tertawa. Selain itu, ayam ketawa juga disebut-sebut sebagai ayam yang mampu mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

Dulunya ayam ketawa dipelihara dan diternak oleh para bangsawan kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Hal ini karena ayam ketawa merupakan simbol status sosial dan budaya bangsawan yang sukses, pantang menyerah, dan berani. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kini telah banyak masyarakat yang memelihara karena keunikan bentuk dan cara berkokoknya.

Related posts