Kanguru Pohon Mantel Emas

Kanguru Pohon Mantel Emas

daftarfaunaindonesia.web.idKanguru Pohon Mantel Emas adalah sejenis kanguru-pohon yang hanya ditemukan di hutan pegunungan pulau Irian. Ternyata kanguru bukan hanya ada di australia ya.

Spesies ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna coklat muda. Leher, pipi dan kakinya berwarna kekuningan. Sisi bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan dipunggungnya. Ekor panjang dan tidak prehensil dengan lingkaran-lingkaran terang.

Kanguru Papua memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kanguru Australia. Disana terdapat dua genus kanguru, yaitu dendrolagus (kanguru pohon) dan thylogale (kanguru tanah).

Keduanya masuk dalam kategori langka sehingga termasuk satwa yang dilindungi dari kepunahan.Sesuai namanya, sebagian besar masa hidup kanguru pohon dihabiskan di pohon.

Baca juga: Kura-Kura Reimani, Papua

Meski demikian, satwa ini juga sering ke tanah, misalnya saat mencari air minum. Dendrolagus pulcherrimus (kanguru pohon mantel emas) merupakan jenis kanguru pohon yang hanya ditemukan di hutan pegunungan Papua.

Penampilan Kanguru-pohon Mantel-emas serupa dengan Kanguru-pohon Hias. Perbedaannya adalah Kanguru-pohon Mantel-emas memiliki warna muka lebih terang atau merah-muda, pundak keemasan, telinga putih dan berukuran lebih kecil dari Kanguru-pohon Hias. Beberapa ahli menempatkan Kanguru-pohon Mantel-emas sebagai subspesies dari Kanguru-pohon Hias.

Kanguru-pohon Mantel-emas ditemukan pada tahun 1990 oleh Pavel German di Gunung Sapau, Pegunungan Torricelli di Papua New Guinea. Populasi lainnya ditemukan di daerah terpencil di Pegunungan Foja, provinsi Papua, Indonesia pada bulan Desember 2005. Spesies ini merupakan jenis mamalia besar baru untuk Indonesia.

Kanguru-pohon Mantel-emas merupakan salah satu jenis kanguru-pohon yang paling terancam kepunahan di antara semua kanguru-pohon. Spesies ini telah punah di sebagian besar daerah habitat aslinya

Kaki hewan ini memiliki panjang yang sama dengan lengannya dan sangat kuat untuk membantu dalam memanjat pohon tempat mereka tinggal. Panjang tubuh satwa ini sekitar 41-77cm, panjang ekor 40-87 cm, dan berat tubuhnya bisa mencapai 14,5 kg.

Satwa ini senang memakan dedaunan dan buah.Spesies ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna coklat muda. Leher, pipi dan kakinya berwarna kekuningan. Sisi bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan dipunggungnya. Ekor panjang dan tidak prehensil dengan lingkaran-lingkaran terang. Kanguru pohon mantel emas memiliki warna muka lebih terang atau merah muda, pundak keemasan, telinga putih dan berukuran lebih kecil daripada jenis kanguru pohon Hias.

Related posts