Kanguru Pohon

Kanguru Pohon

Kanguru Pohon Goodfellow memiliki nama latin Dendrolagus goodfellowi. Binatang unik ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Goodfellow’s tree-kangaroo atau ornate tree-kangaroo. Nama kanguru ini diambil dari nama seorang kolektor zoological berkebangsaan Inggris yang bernama Walter Goodfellow.

Kanguru Pohon Goodfellow termasuk ke dalam keluarga Macropodidae bersama dengan kangguru, dan wallaby. Habitat Kanguru Pohon Goodfellow ini adalah di hutan hujan di Pulau Papua. Di Indonesia sendiri mereka dapat ditemukan di sekitaran Papua Tengah. Mereka adalah tipe binatang arboreal yang banyak menghabiskan waktunya di atas pohon.

Seperti kangguru pohon yang lain, kanguru pohon jenis ini memiliki penampilan yang cukup mencolok perbedaannya dengan jenis kangguru darat. Kaki kanguru pohon goodfellow tidak begitu besar jika dibandingkan dengan bagian tubuh depannya. Selain itu kanguru jenis ini juga memiliki cakar yang kuat untuk mencengkeram dahan, serta ekor yang panjang untuk keseimbangan.

Kanguru jenis ini tergolong lambat dan terlihat agak repot ketika bergerak di darat. Namun ketika berada di atas pohon, mereka sangat lincah. Mereka juga merupakan pelompat yang tangguh. Menurut data, mereka dapat melompat dari pohon setinggi 30 kaki ke tanah, tanpa terluka sedikitpun.

Baca Juga :

Lutung Budeng atau Lutung Jawa
Komodo atau Komodo Dragon

Makanan utama kanguru pohon goodfellow adalah daun pohon Silkwood. Namun mereka juga makan daun lain, buh-buahan, sereal, bunga, dan rumput. Mereka memiliki perut yang besar yang berfungsi sebagai media fermentasi lemak, dan untuk membunuh bakteri-bakteri yang terdapat di dedaunan yang mereka makan, mirip dengan perut sapi.

Kanguru pohon Goodfellow memiliki bulu pendek yang tebal yang biasanya berwarna cokelat kacang hingga merah-cokelat. Bagian wajahnya berwarna cokelat-abu-abu dengan kaki dan pipi berwarna kekuningan.

Berat tubuh kanguru pohon goodfellow sekitar 7 kg. Ada 2 jenis kanguru pohon yang masih hidup yaitu Dendrolagus goodfellowi goodfellow dan Dendrolagus goodfellowi buergersi. Namun populasi keduanya tidaklah banyak.

Menurut data Red List IUCN, kanguru pohon goodfellow berada dalam status “Terancam Punah (EN)” akibat dari perburuan liar dan pengrusakan habitat mereka oleh manusia.

Related posts